…. jejakku, cintaku ….

Lagu Sedih

Pernah sesekali lagu sedih itu kuputar, saat kegundahan datang entah karena ucapan, entah karena kesalahan, entah karena terpeleset dari lintasan. Mungkin aku sering membuatmu berurai tawa, tapi mungkin aku sempat juga membuatmu terluka. Aku menyadari, mungkin bukan hanya aku yang memutar lagu sedih itu. Jangan-jangan, disana kau juga memutarnya, dan jangan-jangan kau memutarnya gara-gara aku?! Dan akhirnya lagu sedih itu juga mengalun disini. Bukan karena aku terluka, tapi karena aku telah membuat orang lain terluka.

Lagu sedih itu masih mengalun, sekalipun alunannya mulai menurun. Dan alunan itu akan terhenti ketika kau membuka lebar pintu hatimu untuk memaafkanku. Maafmu, adalah mutiara terindah yang tersimpan dalam bilik hati seorang yang mengaku sahabat. Dan aku tahu, mutiara itu tak sulit untuk kau angkat dari dasar samudera hatimu.

Kelak, jika aku membuatmu memutar lagu sedih itu lagi, putarlah tepat di depanku. Hingga aku tahu bahwa aku lagi-lagi harus merogoh mutiara itu di samudera hatimu. Hingga aku berdiri dan membuat alunannya terhenti, lalu melihat senyuman itu seperti embun menetes di pagi hari.

Aku hanya ingin kau tahu, aku tak suka memutar lagu sedih itu. Entah itu karenamu, terlebih jika harus mengalun karenaku. Ah, cinta kita bertumbuh di setiap ujian kan? Lagu itu tak akan pernah lama mengalun, karena aku tahu, kita berdua sama-sama tak pernah menginginkannya.

*** Sebuah senyuman ketika kulihat embun itu begitu bening dan menyejukkan

One response

  1. Lagu sedih memang bisa menjadi teman yang sangat baik.

    Januari 19, 2014 pukul 00:33

Tinggalkan Balasan

